Friday, September 10, 2004

Best Practices

Blog ini akan penuh dengan best practices, tip dan trik. Kenapa?

Saat kita melakukan development suatu sistem hanya dengan dasar pemrograman (bisa memprogram) saja tidak cukup. Apalagi jika menggunakan suatu framework baru, kita tidak hanya perlu belajar bagaimana menggunakannya tapi juga bagaimana menggunakan framework tersebut secara baik dalam arti efektif juga efisien. Oleh karena itu best practices sangat diperlukan. Best practice tidak akan didapat ketika kita pertama kali melakukan permrograman.

Best practice sering didaptkan justru karena kita telah sering melakukan hal-hal yang sama, melakukan tes kemudian mendapatkan masalah. Best practices bisa dianalogikan dengan dengan design pattern dan sering ditemukan setelah kita melakukan beberapa kali refactoring kode.

lebih dari itu best practice dalam proses development tidak hanya berlaku pada kode program saja. Tapi lebih dari itu best practices juga menyangkut proses manajement proyek. Karena pentingnya best practices, maka kita perlu mendokumentasikannya. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, dokumen best practice akan berguna bagi pemula untuk dapat dengan cepat belajar dari pengalaman orang lain.

Topik yang menarik kan? Saya akan cari sumber bacaan untuk ini, dan mari kita sharing.

Followers