Saturday, February 26, 2005

Inductive User Interface

Inductive User Interface (IUI) diperkenalkan Microsoft, lihat disini artikel lengkapnya, katanya IUI adalah model user interface baru yang menyarankan bagaimana membuat aplikasi-aplikasi software menjadi lebih sederhana dengan memecah menjadi beberapa screen atau halaman sehingga mudah dijelaskan dan dimengerti.

IUI bisa dibilang lebih seperti web-sytle application karena merupakan desain interface yang fokus pada single task (satu pekerjaan) sehingga memudahkan user untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang dilakukan selanjutnya. Hmm.. pasti kita berfikir ini seperti wizard ya?

IUI design guidelines meliputi :
  1. Setiap screen fokus pada satu pekerjaan.
  2. Jelaskan atau deskripsikan pekerjaan tersebut. Gunakan judul yang baik/mudah jika perlu berikan deskripsi tentang pekerjaan pada screen tersebut.
  3. Buat bagian-bagian yang mengisi screen nyaman untuk pekerjaan tersebut. Pilih control/komponen yang tepat.
  4. Berikan link ke pekerjaan berikutnya
Menurut saya, dilihat dari contoh-contohnya desain IUI memang sangat mirip dengan web application, terutama dari segi artistik, penempetan menu dan deskripsi dari suatu task dalam satu halaman. Karena lebih artistik dibanding desain widget/window desktop yang biasa, IUI lebih menarik untuk dilihat.

Tapi apakah kemudahan menjadi salah satu tujuan utama desain UI? Salah satu aspek yang tidak kalah penting adalah aspek produktifitas. Komentar Inductive vs Productive UIs membuka mata kita juga bahwa produktifitas penggunaan aplikasi adalah penting juga selain kemudahan.

Lihat komentar selajutnya dari penulis artikel IUI tersebut.

No comments:

Followers