Thursday, June 29, 2006

Jangan terkecoh dengan framework yang menjajikan mengurangi komplesitas koding dan meningkatkan produktifitas.

Sering kali kita dengar janji-janji suatu dari produk atau framework seperti ini: "Reduce Coding Complexity and Increased Productivity".

Ada harga yang harus dibayar untuk itu:
  • Jika produk itu tidak gratis kita harus mengeluarkan uang untuk membelinya.
  • Jika produk itu gratis kita perlu waktu untuk mempelajarinya.
Kadang-kadang suatu produk/framework hanya akan mempercepat pekerjaan atau meningkatkan produktifitas jika menggunakan tool yang tepat. Misalnya saja Struts atau Spring, dengan banyaknya konfigurasi yang dibutuhkan dalam bentuk file XML, akan menyulitkan developer untuk men-debug atau melakukan tracing jika tidak menggunakan tool/IDE yang memiliki kemampuan untuk memvalidasi file konfigurasi tersebut.

Tulisan ini berkaitan dengan proyek saya sekarang. Proyek yang saya hadapi sekarang akan menggunakan BEA Weblogic. Saya pikir Weblogic hanya sekedar Application Server dan Weblogic Workshop hanya sekedar IDE seperti halnya Eclipse, Netbeans. Tetapi ternyata banyak hal yang saya tidak tau. Weblogic Workshop memiliki framework sendiri, mereka menyebutnya Page Flow dan Control atau Apache Beehive. Dengan menggunakan framework ini pada Weblogic Workshop kita akan berhubungan dengan file-file berekstensi aneh (tidak saya temukan sebelumnya seperti jpf, jcs, jcx), Javadoc annotation, coding menggunakan gambar dan banyak melibatkan mouse untuk klak-klik memilih sesuatu.

Bukan hal mudah untuk bisa menbangun aplikasi menggunakan sesuatu yang baru, apalagi untuk mendesain. Untuk mendesain dengan menggunakan framework baru (yang belum pernah digunakan sebelumnya) akan memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan menggunakan framework yang sudah pernah kita gunakan. Jika sudah menggunakan suatu framework kita akan memiliki list of best practice sehingga design akan dilakukan dengan menekankan best practices tersebut dipikiran kita.

Dengan menggunakan framework baru pada suatu proyek maka akan ada proses refractoring yang harus dilakukan pada perjalanan proyek tersebut. Jadi hati-hati lah menggunakan framework yang belum pernah anda gunakan sebelumnya jika tidak ada orang yang berpengalaman yang terlibat pada proyek anda.

No comments:

Followers