Thursday, November 09, 2006

Menangani Client: Jangan debat lewat email.

Menangani client memang tidak mudah. Kita perlu memperlakukannya seperti raja karena client adalah sumber pendapatan bagi vendor. Jika client senang terhadap vendor maka loyalitas mereka terhadap vendor pun akan semakin besar sehingga dapat memberikan keuntungan bagi vendor.

Ada pengalaman penting yang saya dapatkan untuk menangani client beberapa hari lalu yaitu jangan debat dengan client lewat email. Komunikasi lewat email memang cukup efektif karena bersifat self-documented dan tidak memerlukan respon yang cepat dibanding komunikasi langsung lewat telepon misalnya. Tapi email kurang bisa mencerminkan nada bicara dan perasaan kita. Emoticon tidak banyak membantu dan dalam hal email resmi, penggunaan emoticon dirasakan kurang etis.

Menanggapi email dari client yang mengarah ke debat apalagi dengan 'nada' yang tidak enak dibaca, sebaiknya tidak dengan emosi dan tidak ditanggapi lagi dengan email. Kontak langsung dengan telepon untuk menjelaskan duduk persoalan dengan nada yang ramah akan lebih baik. Perlakukan client seperti raja, dan jika anda vendor anggaplah anda sebagai patih yang memohon petunjuk pada raja. Setidaknya beberapa hari ini cara tersebut berhasil buat saya.

No comments:

Followers