Thursday, December 27, 2007

Protokol SMS: SMRSE

Saya pernah baca tentang SMRSE protocol (Short Message Relay Service Element), yaitu protokol khusus untuk lalu-lintas SMS antara SMSC dengan MSC. Protokol ini berbasis TCP/IP sebagai alternatif dari MAP (3GPP TS 29.002) yang berbasis SS7.

Spesifikasinya dibuat oleh Nokia dan dispesifikasikan pada 3GPP TS 23.047, tetapi ternyata tidak ada spesifikasi tersebut tidak ada dan sangat sulit mendapatkan informasi tentang protokol ini di Internet.

Protokol ini dibuat dan digunakan pada produk SMSC Nokia, sepertinya kemudian diusulkan menjadi standar tetapi tidak sampai disetujui oleh 3GPP. Protokol lain yang dibuat Nokia yaitu CIMD malah lebih populer sebagai protokol SMS antara SMSC dengan aplikasi eksternal.

Update: Setelah dicari-cari, akhirnya saya menemukan spesifikasi SMRSE interface ini. SMRSE interface dispesifikasikan sebagai standard GSM oleh ETSI yaitu GSM 03.47 Example protocol stacks for interconnecting Service Centre(s) (SC) and Mobile-services Switching Centre(s) (MSC) yang bisa didownload dokumennya disini.

No comments:

Followers