Friday, May 02, 2008

OASIS Telecom: Organisasi standard-SOA untuk telekomunikasi

OASIS (Organization for the Advancement of Structured Information Standards), sebuah konsorsium untuk standar terbuka yang telah dikenal sebagai organisasi yang mengeluarkan standar-standar untuk Web Service mamupun Service Oriented Architecture (SOA) belum lama ini membuat divisi baru yaitu OASIS Telecom yang berfokus pada pekerjaan untuk memuat sebuah model bisnis baru yang membuat layanan telekomunikasi menjadi lebih pintar (intelligent), lebih dapat diaplikasikan (deployable), dan mudah untuk digunakan.

Ini menunjukan bahwa SOA akan semakin banyak digunakan dalam arsitektur telekomunikasi yang akan datang dan mendorong perusahaan telekomunikasi menjadi tidak sekedar sebagai access provider tapi juga service provider.

Seperti kita tau SOA telah mulai diadopsi jauh sebelum sekarang. Parlay/OSA maupun Parlay X merupakan standar yang sudah diadopsi oleh ETSI, 3GPP sebagai API web service untuk industri telekomunikasi. Lalu seperti apa nantinya standar yang akan dibuat OASIS Telecom? Mungkin akan bisa kita lihat nanti di OASIS Telecom website yang telah dibuat walaupun isinya belum banyak.

Press release dapat dibaca disini.

No comments:

Followers