OSS/J awalnya merupakan grup perusahaan-perusahaan yang berusaha membuat implementasi dari OSS/BSS dengan menggunakan Java sebagai teknologinya dan arsiteturnya mengacu pada NGOSS (Next Generation Operations Support System).
OSS/J dibentuk tahun 2003 dengan menggunakan Java Community Process (JCP) untuk membuat standar API yang dispesifikasikan pada dokumen JSR (Java Specification Request). Tahun 2006, OSS/J mulai bergabung dengan organisasi TMForum dan tahun 2008 mulai masuk dalam satu payung dalam TMForum Interface Program.
OSS/J API ini dibuat dengan beberapa teknologi untuk integrasi yang disebut integration profiles, yaitu Java RMI/IIOP, XML/JMS, dan Web Services.
Integration Profiles
[Gambar diambil dari dokumen OSSJ Design Guidelines]
Core API dari OOS/J ini didesain sesuai Core Business Entities (CBE) yang diadopsi dari Shared Information Data (SID) model yang dibuat oleh TMForum.
Awalnya API yang dibuat adalah sebagai berikut:
- Common API v1.0
- Inventory v1.0
- Trouble Ticket v1.0
Kemudian berkembang menjadi beberapa API sebagai berikut:
- Common API (JSR 144)
- Service Activation v1.1(JSR 89)
- Quality of Service v1.0 (JSR 90)
- Trouble Ticket (JSR 91)
- IP Billing (JSR 130)
- Inventory API (JSR 142)
Hingga saat ini beberapa perubahan terlah terjadi yaitu
- Service Activation API diganti menjadi Order Management API.
- Billing Mediation atau IP Billing API dan Quality of Service API sudah tidak dikelola lagi.
- Bagian dari QoS API yaitu fault management dibuat terpisah menjadi Fault Management API.
Saat ini OSS/J API dikembangkan dengan prinsip SOA (Service Oriented Architecture) dengan spesifikasi sebagai berikut:
- Common API v1.5 (JSR 144)
- Order Management v1.0 (JSR 246)
- Trouble Ticket v1.2 (JSR 91)
- Inventory v1.2 (JSR 142)
- Fault Management v1.0 (JSR 263)
- Discovery v1.0 (JSR 254)
TMForum juga mengembangan implementasi OSS/J yang gratis dan open source dan memberikan list beberapa produk yang sudah mengimplementasikan standar OSS/J.
No comments:
Post a Comment