Friday, September 07, 2007

Proyek MVI

Agak bingung pertama kali denger proyek MVI, singkatan apa MVI itu? Ternyata MVI adalah kependekan dari Multi Vendor Integration.

Dari namanya kita bisa tebak proyek seperti apa MVI itu. Pada dasarnya di industri telko banyak operator yang membeli equiptments dan atau solusi dari banyak vendor. Jaringan yang dibangung operator mulai dari radio network, core network dan lain-lain biasanya dipilih dari beberapa supplier untuk mendapatkan yang terbaik. Jaringan multi-vendor seperti itu dapat membuat masalah interoperability, performance maupun keterlambatan project rollout, oleh karena itu solusi MVI menjadi bisnis baru bagi vendor telekomunikasi.

Proyek MVI berarti proyek sistem integrasi yang ditujuannya adalah bagaimana semua sistem dapat saling terintegrasi dan berinteraksi dengan benar dan opmimal. Project MVI pada akhirnya harus memastikan semua komponen network berjalan secara end-to-end karena itu didalamnya termasuk pekerjaan analisis, desain atau re-desain, audit, consulting/advising, testing. Sesuai namanya project ini meliatkan banyak vendor sehingga tantangannya tidak hanya masalah teknis tapi biasanya lebih besar tantangan non-teknisnya.

No comments:

Followers