Thursday, September 27, 2007

WAP push lewat SMPP

Awalnya saya bingung dimana saya bisa dapat spesifikasi yang menjelaskan bagaimana WAP push bisa dikirim lewat SMPP (SMS PDU) seperti yang biasa dilakukan oleh Content Provider (CP) untuk mengimkan WAP push ke ponsel lewat operator. Sebelum saya tau spesifikasinya, saya mengerti bagaimana harus mengkontruksi SMS PDU agar menjadi WAP push. Pada dasarnya beberapa parameter datagram header pada SMS PDU perlu diset yaitu:

ESM class diset 0x04 (SM_UDH_GSM)
Data coding diset 0x0F5

Sedangkan body message diisi dengan binary XML dari WAP push Service Indication (SI).

Setelah beberapa lama mencari, barulah saya tau bahwa semua proses tersebut dijelaskan dalam spesifikasi WAP dari WAP forum.
Ternyata semuanya ada di "WAP 2.0 conformance release" yang juga menspesifikasikan WAP push.

WAP 2.0 conformance release memiliki banyak dokumen spesifikasi yang membuat saya malas membacanya. Waktu memperlajari WAP push saya hanya membaca bagian Push functional area, ternyata WAP push terkait dengan functional area lain yaitu spesifikasi-spesifikasi seperti:

- Wireless Session Protocol (WSP) Specification
- Wireless Datagram Protocol (WDP) Specification
- Wireless Binary XML (WBXML) Content Format Specification

Di halaman sebuah forum ini dinjelaskan secara garis besar bagaimana WAP push dikirimkan lewat SMS, sehingga saya tau spesifikasi mana yang menjelaskan tentang WAP push lewat SMPP.
Dengan membaca spesifikasi-spesifikasi tersebut, saya tau kalau WAP push sebenarnya bisa dikirimkan lewat bearer bermacam-macam yaitu SMS, USSD, circuit switch, packet switch (GPRS).

No comments:

Followers