Tuesday, March 02, 2010

JAIN API


JAIN adalah komunitas di JCP (Java Community Process) yang berinisiatif membuat standar API untuk keperluan pembuatan layanan (service) teleponi baik itu layanan yang berbasis suara maupun data.

Nama awal JAIN adalah Java APIs for Intelligent Network karena tujuan awalnya JAIN adalah membuat API untuk layanan Intelligent Network (IN), tetapi kemudian berkembang cakupannya menjadi API untuk semua service di jaringan telekomunikasi sehingga namanya diubah menjadi Java APIs for Integrated Networks.

Dibuatnya API untuk mengekspos layanan teleponi ini dilatarbelakangi oleh trend konvergensi dunia telekomunikasi dan dunia IT/Internet (layanan data). Dunia telekomunikasi selama ini dilandasi oleh protokol yang berbeda dengan yang digunakan di dunia IT yaitu protokol TCP/IP tapi serkarang mulai berkembang pemakaikan protokol TCP/IP di jaringan telekomunikasi. Untuk dapat memberikan layanan-layanan baru yang mudah dan cepat dibuat perlu suatu interface atau API.

Selain JAIN, inisiatif untuk membuat interface atau API juga dilakukan organisasi atau komunitas lain misalnya OSA/ParlayX yang dibuat Parlay Group, OneAPI [link portal] yang dibuat oleh GSM Association & Aepona.

Berikut adalah beberapa spesifikasi yang sudah dibuat oleh JAIN yang bisa juga dilihat disini atau disini:

1. Java Application Interfaces for Communications:
- JAIN SIP 1.1
- SIP API for J2ME 1.0
- JAIN MGCP 1.0
- JAIN MEGACO
- JAIN Session Description Protocol (SDP)
- JAIN ENUM [lihat RFC2916]
- JAIN TCAP 1.1
- JAIN INAP 1.0
- JAIN Java Call Ccontrol (JCC) 1.1
- JAIN Java Coordination and Transaction (JCAT)
- Java Payment API (JPay)
- JAIN Presence
- JAIN Instant Messaging
- JAIN SIMPLE Instant Messaging
- JAIN SIMPLE Presence
- JAIN SIP Lite
- JAIN Service Creation Environment (SCE) SCML
- JAIN Service Creation Environment (SCE)
- Java - Server API for Mobile Services (SAMS): Messaging

2. Java Application Containers for Communications:
- JAIN Service Logic Execution Environment (JSLEE)
- SIP Servlets 1.0

Cukup banyak spesifikasi interface yang sudah dibuat oleh JAIN. Tapi perkembangan market penggunaan JAIN API maupun API sejenis di operator telekomunikasi saat ini saya kira masih rendah.


No comments:

Followers