Monday, March 01, 2010

Operator telekomunikasi tidak perlu lagi WAP Gateway?

Produk-produk WAP Gateway atau WEB proxy yang digunakan operator telekomunikasi biasanya memiliki fitur penting yaitu
  • kompresi, sehingga trafik ke internet menjadi semakin efektif (kecil)
  • adaptasi kontent atau tampilan, yang membuat tampilan di mobile device menjadi sesuai dengan kapabilitasmobile device tersebut atau aplikasi web/wap browser-nya.
Tapi dengan adanya beberapa perusahaan yang memberikan layanan gratis untuk fungsi tersebut, fitur tersebut menjadi tidak penting buat sebuah WAP Gateway atau WEB Proxy.

Sebagai contoh misalnya Google, perusahaan ini memberikan layanan adaptasi tampilan. Coba saja search pada google dari browser handphone anda dan klik hasil pencariannya, Google akan menubah tampilannya, jika halamannya panjang maka halaman akan dipotong dalam beberapa halaman.

Contoh lain yang mirip adalah Opera Mini yang memiliki strategi bisnis yang bagus yaitu bekerja sama dengan operator untuk memberikan layanan browsing yang lebih efisien dan murah tapi mereka (Opera) juga dapat untung.

Gambar dari Opera.com

Dengan menggunakan aplikasi browser Opera Mini, aktifitas browsing tidak lagi langsung mengakses web server yang dituju, tetapi akses koneksi akan dilewatkan ke Opera Mini Server yang bertugas untuk melakukan optimasi seperti kompresi dan adaptasi konten. Jadi Opera Mini Server berfungsi sebagai proxy atau gateway default untuk aplikasi browser Opera Mini.
Mekanisme tersebut membuat akses internet menjadi optimal dan efisien baik dari sisi pengguna (pelanggan) maupun dari sisi operator telekomunikasi. Oleh sebab itu bisnis ini bisa dilirik oleh operator.

No comments:

Followers