Tuesday, January 25, 2005

Java: GSM Short Messaging System (SMS)

Setelah hampir setaun pernah mengerjakan proyek dengan teknologi SMS menggunakan VisualBasic. Kali ini saya harus mulai mengerjakan project dengan teknologi yang sama menggunakan Java.

Sama dengan project dulu, kali ini juga akan menggunakan GSM modem yang tersambung dengan PC lewat serial port. Solusi yang mudah tapi implementasi yang sulit, dalam pikiran saya sudah penuh dengan requirement teknis yang perlu diimplementasikan, seperti: harus bisa menggunakan beberapa modem, bagaimana memilih modem yang available, bagaimana mengatur queue, dll.

Dulu saya mulai dari 0. Mulai dari bikin library sendiri untuk menangani format PDU (nyaris detail) sampai ke level arsitektur yang lebih tinggi menggunakan XML untuk integrasi antara aplikasi-aplikasi yang menggunakan sms engine yang saya buat. Sekarang tidak dari 0, dan tidak mau dari 0. Jadi mulai mencari Java library/API yang sudah ada, beberapa kandidat yang saya dapatkan dari Google.com adalah:

1. jSMSEngine http://jsmsengine.sourceforge.net
2. Java SMS Library http://javasmslib.sourceforge.net
3. SMS Transceiver (SMST) http://www.wrankl.de/SMST/SMST.html
4. smsJ http://smsj.sourceforge.net (belum support GSM phone/modem)

Memang sebenarnya tidak perlu menggunakan Java Library, bisa saja menggunakan aplikasi/tools/library lain asal nantinya bisa diintegrasikan dengan aplikasi Java dan tentu saja saya ingin yang FREE. Seperti yang paling bagus dari ke-4 pilihan itu adalah jSMSEngine...

No comments:

Followers