Wednesday, January 26, 2005

Software instalasi Apache + MySQL + PHP + lain-lain pada Windows

Sebenarnya instalasi Apache + MySQL + PHP pada sistem operasi Windows cukup mudah, tapi agak ribet karena kita biasanya ingin cepat dan tidak mau report untuk edit-edit file konfigurasi. Beberapa tools untuk instalasi Apache + MySQL + PHP + lain-lain pada sistem operasi Windows yang mempermudah/mempercepat dilist dibawah ini dan dikomentari sedikit

WAMP
Bagus (+++), instalasinya mudah, memiliki service manager dan memiliki cukup add-on yang biasa diperlukan. Versi terbarunya mempaketkan Apache1.3, PHP5, MySQL4, PHPmyadmin, SQLitemanager. Jika kita perlu Apache2, PHP4, Perl, Zend optimizer ataupun webalizer, kita dengan mudah bisa menginstal add-on-nya.

phpdev
Bagus dan inovatif (+++), sayangnya untuk uninstalnya tidak bisa sekali klik, kita harus delete manual file-filenya. Software ini membundel Apache 1.3, Apache 2, PHP4, MySQL4, phpmyadmin, AnalogX php.ini configurator, PHP-GTK 0.51, PhpWebsite. Yang menjadi nilai lebih adalah software ini dibuat dengan PHP (kecuali installernya menggunakan NullSoft) dan memberikan aplikasi PHP untuk desktop dengan menggunakan PHP-GTK baik itu aplikasi yang sekedar contoh-contoh dan juga aplikasi network tools seperti ping, tracet, dll.

XAMPP
Cukup bagus (++) dan up todate tapi instalasi dilakukan pada command prompt (text-based), memiliki beberapa add-on yang bisa kita tambahkan seperti Perl(mod_perl), Python(mod_phyton) bahkan Tomcat dan Cocoon.

easyphp
Bagus (++), tapi karena buatan orang Perancis jadi untuk default instalasi dan tools configurasinya pun dalam bahasa Perancis. Software ini mempaket PHP 4 Apache 1.3 danMySQL 4. Versi terbarunya mungkin akan menggunakan Apache 2 dan PHP 5.

PHPTriad
Kurang bagus (+). Dulu phptriad cukup populer tapi sekarang projectnya berhenti (tidak di-maintain lagi) sehingga tidak up to date. Software ini berubah nama menjadi Sokkit yang tidak gratis walaupun versi lamanya masih bisa kita download.

FoxServ
Lumayan (-). FoxServ rilis terakhir adalah versi 3.1 Beta 1 (January 16, 2003). Dari versi dan tanggal rilisnya kita bisa terlihat bagaimana foxserv tidak up to date sehingga lebih baik menggunakan lain ;)

List lengkap Apache, PHP, MySQL/database lainnya bisa dilihat di sini

No comments:

Followers