Wednesday, January 26, 2005

Spyware tools

Spyware adalah software yang bersifat iklan (adware), menambil informasi personal, mengubah konfigurasi tanpa 'sepengetahuan' pengguna komputer. Spyware sudah seperti virus, bisa sangat mengganggu dan bahkan merusak. Gara-gara spyware biasanya Internet Explorer kita sering hang, default home address jadi tidak bisa diubah, menjadi lambat saat browsing, muncul toolbarsering tiba2 muncul pop-up windows, dan lain-lain. Biasanya orang yang awam dengan internet komputernya mudah terjangkit spyware karena berkunjung ke situs-situs porno kemudian tanpa sadar mendownload/menginstal software-software shareware tanpa membaca agreement.

Karenanya software spyware remover pun banyak dibuat. Kebanyakan tidak gratis, tapi ada juga yang freeware. Software spyware yang baik tentu saja menyediakan update spyware definition, karena spyware seperti juga virus terus bertambah. Spyware biasanya mengecek file-file cache browser atau temporary internet files, file-file cookies, windows registry.

Salah satu software spyware yang bisa jadi pilihan adalah AntiSpyware dari Microsoft. Selain bisa scan spyware yang ada di komputer, AntiSpyware juga menjaga komputer kita dari spyware. Jadi tidak sekedar scanner dan remover tapi juga prevent protection. Walaupun masih beta (25 Jan 2005) tapi software ini cukup baik dan lengkap.

AntiSpyware bisa di download http://www.microsoft.com/athome/security/spyware/software

No comments:

Followers