Tuesday, June 03, 2008

Layanan telco semakin seperti internet

Saat ini dunia telekomunikasi (telco) sedang mulai mengembangkan berbagai layanan yang semakin seperti layanan yang kita dapatkan pada dunia internet. Value added service semakin dipandang sebagai alternatif perolehan keuntungan dan penarik untuk mendapatkan pelanggan baru yang cukup menjanjikan.

Telco memang sedang berjalan menuju arah telnologi informasi. Kita bisa lihat beberapa operator di Indonesia mulai berlomba-lomba berkerja sama dengan pihak ketiga untuk memberikan layanan lebih pada pelanggannya. Perusahan seperti Yahoo, bergerak cepat menggandeng beberapa operator besar di Indonesia sehingga layanan mesin pencarinya dapat kita temukan dihalam depan situs portal WAP milik operator.

Google sebagai sebuah perusahaan yang terkenal dengan inovasinya telah memerikan layanan aplikasi terbuka dan gratis bagi pengguna internet dan saat diprediksi akan menjadi pesaingan berat pada layanan mobile ditahun-tahun mendatang. Dianggap pesaing karena dimungkinkan Google akan memberikan layanan-layanan gratis yang sebenarnya ingin dimiliki oleh operator dan ingin diterapkan sebagai layanan berbayar. Disamping itu telco juga ingin menuju arah yang dilakukan Google yaitu inovatif, disuka banyak orang karena layanan gratisnya tapi tetap dapat menhasilkan keuntungan.

No comments:

Followers