Sebuah MCDS biasanya memiliki fitur-fitur berikut ini:
Modul Content Discovery/Delivery yang terintegrasi dengan elemen yang berfungsi sebagai delivery/discovery channel seperti
- Web/WAP portal
- SMS
- WAP push
- USSD
- IVR
Modul Content Management yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan kontent (content storing), menyimpan metadata/informasi kontent, pengkategorisasian kontent, content lifecycle management termasuk submission dan workflow untuk persetujuan (approval) serta pengelolaan digital-right (DRM).
Modul Content Promotion atau Campaign Management yang memberikan kemudahan untuk melakukan promosi misalnya
hadiah (gift), undian (coupons), broadcast, paket, sponsored promotion, up-sell, cross-sell dan lain-lain.
Modul 3rd Party Content Provider Management yang memberikan kemudahan untuk mengelola konten yang berasal dari provider konten yang berlainan dengan skema bagi-hasil yang berbeda.
Modul Profile/Device management yang berfungsi sebagai tempat menyimpan informasi pelanggan serta jenis perangkat yang digunakan sehingga kontent dapat dikirimkan ke pengguna yang tepat sasaran.
Modul Reporting yang memberikan laporan-laporan yang dibutuhkan baik sebagai alat analisis atau rekonsiliasi antara operator dan content provider.
Berkembangnya bisnis konten mendorong vendor-vendor telekomunikasi untuk memberikan solusi/produk MCDS. Beberapa contoh produk MCDS diantaranya
- Solusi dari BEA-MobileAware-EMCDocumentum,
- Ericsson memiliki produk dari hasil akuisisi Drutt Corporation
- Nokia Siemens Networks menggunakan prooduk dari 3rd party yaitu XIAM + Hydra yang tergabung dalam TheSDPAlliance.org
- Sun Microsystem juga memiliku Sun Java System Content Delivery Server
- Solusi dari HP yang menggunakan produk-produk 3rd party
No comments:
Post a Comment