Wednesday, February 06, 2008

Vendor China semakin kuat

Kemaren saya baru saja mendengar berita dari temen bahwa Ericsson akan memecat ribuan pegawainya, komentar saya ketika mendengar berita itu adalah "pasti ini gara-gara persaingan dengan vendor China nih kaya ZTE dan Huawei" soalnya beberapa hari yang lalu saya baru baca berita tentang ZTE yang pada tahun 2007 lalu keuntungannya meningkat 50 sampai 70%.

Dugaan saya tersebut tidak salah. Setelah lihat web site LightReading, dan membaca New Analysis berjudul Ericsson Cuts Jobs as H2 Bites, jelaslah bahwa pengurangan pegawai tersebut adalah untuk penghematan biaya sehingga Ericsson semakin memiliki posisi yang kompetitif. CEO mereka bahakan mengatakan 'saingan' Asia semakin kuat.

Mau tidak mau, senang tidak senang vendor/supplier telekomunikasi dari China, terutama ZTE dan Huawei semakin memegang posisi dalam dunia telekomunikasi. Hal ini saya lihat juga di Indonesia, paling tidak selama 2 tahun terakhir ini.

No comments:

Followers