Thursday, February 21, 2008

Merencanakan dengan permainan poker

Dalam sebuah meeting apapun, pendapat seseorang yang dikemukakan terlebih dahulu bisa mempengaruhi pendapat orang lain yang dikemukakan kemudian.

Dalam perencaan sebuah produk perangkat lunak biasanya kita memulai dengan membuat daftar apa yang harus dibuat kemudian mengestimasi waktu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangung (develop) masing-masing item tersebut, biasanya dalam mandays. Untuk mengatasi masalah yang saya deskripsikan diawal, maka ada dibuatlah sebuah permainan (game) yang bernama planning poker oleh James Grenning, seorang praktisi Agile Methodology.

Ide permainan ini adalah bagaimana setiap anggota yang ikut dalam meeting yang membahas estimasi waktu pekerjaan, mengemukakan estimasinya dalam waktu yang bersamaan dan dengan cara yang menyenangkan. Dengan mengeluarkan kartu yang bernilai angka estimasi secara bersamaan, setiap orang tidak akan terpengaruh oleh estimasi yang dibuat rekannya. Dan jika terdapat nilai kartu yang sangat ekstrim perbedaannya, pemimpin meeting bisa fokus pada alasan kedua orang tersebut untuk dipertimbangkan oleh peserta meeting untuk kemudian peserta diminta untuk mengkoreksi kembali (adjust) berdasarkan pertimbangan2 yang dikumukan peserta.

Ilustrasi dan deskripsi yang bagus dari planning poker bisa dilihat di sini.


No comments:

Followers