Monday, April 24, 2006

Prinsip Pareto atau prinsip 80/20

Satu nilai lagi yang saya dapat dari Dynamic Systems Development Method (DSDM) adalah Pareto Principle.

Tanpa sengaja minggu ini saya jalan-jalan ke toko buku dan menemukan buku, "Living the 80/20 Way" yang ditulis Richard Koch. Hal ini berarti tepat ketika pada hari yang sama saya baca sebelumnya di Internet tentang prinsip yang sama yaitu prinsip pareto yang digunakan sebagai nilai pada DSDM. Awalnya saya ragu apa yang dimaksud buku tersebut adalah pareto principle yang saya baca di Internet karena di buku tersebut tidak ada penjelasan sejarah tentang prinsip tersebut. Setelah beberapa bagian penting buku dibaca, ternyata itu buku kedua Koch tentang prinsip 80/20. Tidak lama saya menemukan buku pertamanya yaitu "The 80/20 Principle", dan dibuku tersebut dijelaskan mengenai prinsip 80/20 mulai dari awal. Barulah jelas bahwa prinsip yang dimaksud adalah memang prinsip pareto.

DSDM percaya pada filosofi prinsip Pareto ini, seperti yang dinyatakan dalam pernyataan berikut:

"A fundamental assumption of the DSDM approach is that nothing is built perfectly first time, but that 80% of the solution can be produced in 20% of the time it would take to produce the total solution."

Followers