Tuesday, January 29, 2008

Generasi ketiga dari ITU-T Multimedia Systems and Terminals

Seperti kita tau, teknologi konferensi multimedia dan Voice over IP (VoIP) atau voice lewat jaringan paket telah dikembangkan oleh ITU-T sejak 1996 dengan dikeluarkannya standar H.323. Teknologi H.323, H.324, dan H.310 merupakan teknologi multimedia system generasi kedua setelah sebelumnya ITU mengembangkan generasi pertamanya yaitu teknologi suara pada jaringan N-ISDN, B-ISDN, ATM dan ISO-Ethernet. Generasi pertama tersebut distandarisasi pada tahun 1992 dalam spesifikasi H.320, H.321, dan H.322

Karena berkembangnya teknologi yang mengerah pada Next Generation network (NGN), ITU-T merasa perlu mengembangkan Multimedia Systems and Terminals generasi ketiga. Untuk itu ITU-T membuat Study Group 16 (SG16) yang menjalankan proyek bernama Advanced Multimedia System (AMS) yang hasilnya akan distandarisasi pada H.325. Tujuan akhir dari AMS adalah

"create a new multimedia terminal and systems architecture that supports distributed and media rich collaboration environments"

AMS yang sudah dimulai sejak tahun 2005 , saat ini masih dalam tahap riset mengumpulkan Call for Proposal on Requirement (CfR) dan membuat response dari CfR. Proyek ini diharapkan akan selesai pada tahun 2010. Lebih lanjut mengenai AMS, SG16 telah membuat dokumen tentang deskripsi proyek AMS, sedangkan update mengenai AMS dan dokumen terkait dapat dilihat di halaman ini.


By the way, H.323 dan SIP merupakan dua teknologi VoIP yang banyak digunakan saat ini dan keduanya bersaing dalam dunia industri. Dengan adanya AMS ini SIP mendapatkan momentum untuk menjadi the third generation multimedia systems and terminals. Tulisan-tulisan tentang SIP pada H.325 (AMS) dapat dilihat pada dokumen presentasi pada workshop "H323, SIP: is H.325 next?"

Kita lihat juga nanti bagaimana arsitektur AMS dibanding dengan IMS/TISPAN ...

No comments:

Followers