Wednesday, December 03, 2008

LTE-Advanced


Sudah beberapa bulan, mungkin 1 sampai 2 bulan tidak buka website 3GPP. Hari ini buka dengan tampilan yang baru, yang lebih fresh dengan warna hijau dan terlihat lebih profesional. Tapi saya bukan mau ngomongin website 3GPP, saya mau ngasih tau kalau sekarang 3GPP sudah mulai mengembangkan teknologi yang lebih baru dari LTE yang diharapkan akan menjadi teknologi 4G.

Jadi LTE tidak akan menjadi teknologi 4G? Ya, sepertinya begitu. Ini karena organisasi telekomunikasi internasional, ITU, yang mendefinisikan teknologi 4G (IMT-Advanced) menspesifikasikan bahwa teknologi 4G harus memiliki data rate minimal 1 Gbps. Teknologi atau spesifikasi baru untuk memenuhi definisi 4G ini sudah mulai dikerjakan oleh 3GPP dan diberi nama LTE-Advanced. 3GPP telah mempublikasikan spesifikasi kebutuhan (technical requirement) TR-36.913 "3rd Generation Partnership Project; Technical Specification Group Radio Access Network; Requirements for Further Advancements for E-UTRA (LTE-Advanced)"untuk pengembangan LTE-Advanced ini pada bulan Juni 2008.

Memang teknologi berkembang begitu cepat melebihi aksebilitasnya sendiri pada masyarakat. Belum juga LTE digunakan oleh operator sebentar lagi kita akan punya LTE-Advanced.

No comments:

Followers