Wednesday, December 31, 2008

Menghitung signalling link occupancy

Biasanya dalam sebuah elemen STP menyediakan alat (tool) untuk memonitor atau mengoleksi informasi availability, performansi dan utilisasi dari MTP signalling link. Informasi tersebut biasa sisebut statistical counters.

Untuk menentukan beban (load) dari signalling link biasanya digunakan counter utilisasi. Counter utilisasi signalling link biasanya menampilkan data detail dari pengiriman (tranmisi) dan pengerimaan paket-paket Message Signaling Unit (MSU) serta paket-paket SIF+SIO selama periode waktu tertentu dalam satuan octet (8bit).

Link occupancy dapat dihitung dengan menghitung total octet yang dikirim atau diterima dalam waktu tertentu dibagi waktu pengukuran. Total octet adalah total pengiriman atau pengerimaan paket MSU dan paket SIF+SIO. Tapi perlu diingat bahwa sebuah paket MSU memiliki octet tambahan (overhead) karena adanya MTP Level 2 yaitu penambahan bit-bit untuk informasi/flag F+CK+LI+FSN+BSN yang besarnya 6 octet.

Dibawah ini adalah sebuah ilustrasi perhitungan link occupancy dari counter utilisasi:





Sebagai catatan, link occupancy yang direkomendasikan adalah 0.2 Erlangs untuk beban normal dan 0.4 Erlangs untuk beban tinggi (seperti yang dispesifikasikan pada dokumen spesifikasi ETSI 300 008 atau ITU-T Q.706 Recommendation). Jika occupancy lebih besar dari nilai tersebut maka sudah saatnya untuk mempertimbangkan penambahan link.

No comments:

Followers