Friday, October 01, 2004

I hate your code!

Saya sudah banyak ikut bergabung dalam project IT, tentu saja bukan project sendirian. Setiap project pasti melibatkan orang lain walaupun itu project yang kecil misalnya cuma sekedar membuat web site. Actually saya belum pernah membuat website yang benar2 simple. Sekecil apapun project IT yang saya kerjakan mininal melibatkan art designer, jadi pekerjaan bisa dijalankan dengan 2 orang. Saya sebagai architect dan developer dan seorang lagi sebagai art designer.

Dengan dua orang saja yang punya fungsi yang jelas berbeda dalam satu project tidak sulit untuk membuat project berjalan lancar. Tentu saja lebih sedikit konflik.

Beberapa project melibatkan banyak orang dengan role yang sama, misalnya developer atau programmer. Ketika tidak ada hal-hal standar yang disepakati bersama, siap-siap saja untuk gagalnya project atau paling tidak jadi project yang menjengkelkan.

Beberapa orang mungkin bekerja cepat, tapi pekerjaannya jelek. Yes, his code is run but..it's suck. Artikel "Humor: Why your code sucks" sama sekali bukan humor, even the discussion is. Point-point dari artikel tersebut totally right. Saya sendiri benci dengan code yang jelek, walaupun mungkin code saya sebenernya jelek (i can't count my own code).

Bukan karena code kita hanya akan digunakan hanya oleh diri kita sendiri lalu kemudian kita bisa seenaknya coding tanpa membuatnya mudah dibaca dan dimengerti.

Kenapa ini harus terjadi di project saya sekarang... :(

No comments:

Followers