Tuesday, October 05, 2004

UI pattern dan usability

Saya pernah sekali tertarik untuk mempelajari usability dari design interface aplikasi tertutama aplikasi web. Website pertama yang sering dibaca adalah useit.com yang memberikan pencerahan terhadap bagaimana pentingnya aspek usability pada desain web dan bagaimana kita melakukannya. Apa yang diungkapkan Jakob Nielsen di website-nya kadang tidak baru tapi apa yang sudah biasa kita hadapi didepan browser. Saya pikir he is not so briliant, tapi dia tau bagaimana memilih mana yang bagus mana yang tidak, berpikir sedikit dan menggumpulkannya sebagai tulisan dan menyebutnya sebagai bapak usability.

Aspek usability pada user interface (UI) bukanlah hal yang baru. Kita dapat rasakan dengan hampir miripnya semua komponen UI yang ada pada software, dan kita terbiasa menggunakannya. Dengan menggunakan komponen yang biasa dipakai (common) berarti kita telah memberikan nilai plus pada aspek usability karena dengan komponen yang biasa digunakan user tidak perlu berkenalan lagi untuk dapat menggunakannya. Tiap software developer kenal textbox, dropdown combo, tab control dan kita cukup tau bagaimana menggunakanya dan mengkombinasikannya sehingga terbentuk UI yang lengkap dan mudah digunakan. Kita tinggal mengikuti contoh dari desain software yang ada. Walaupun desain dari segi artistik (warna, gambar) berbeda-beda tapi kita bisa merasakan kesamaan dari desain UI tersebut misalnya pada tata letak tiap komponen, interaksi antara user dan interface.

Katalog pattern untuk desain UI yang cukup lengkap, termasuk web deain, gui dan mobile user interface patter dapat kita temukan di www.welie.com. Website lain yang berisi katalog UI pattern adalah time-tripper.com/uipatterns dan "User Interface Design Patterns."

Tulisan COMMON GROUND: A Pattern Language for Human-Computer Interface Design cukup panjang dan komperhensif untuk dijadikan acuan dalam mendesain a complex interactive software artifact.

No comments:

Followers