Sunday, October 31, 2004

PL/SQL coding standard

Minggu ini adalah minggu pertama kali saya benar-benar harus coding dengan PL/SQL. Membaca code orang memang cukup melelahkan apalagi dengan gaya yang sedikit acak-acakan, identasi tiap line yang kurang bagus, penamaan variabel yang tidak mudah dimengerti (hati-hati memberi nama varibel di PL/SQL jangan sampai sama dengan nama kolom dalam query select yang ada di procedure/function yang dibuat), dan cara-cara yang tidak efektif.

Memang tidak mudah untuk membuat program pertama kali langsung bagus, maka dari itu kita perlu belajar dulu bagaimana membuat program yang baik bukan sekedar membuat program yang berjalan dengan benar (hasil outputnya benar). Ciri utama program yang baik adalah selalu memperhatikan berbagai aspek. Dari sisi bisnis program itu haruslah benar, dan ini hanya terjadi jika program kita telah ditest. Program yang benar belum bisa dikatakan benar walaupun kelihatannya begitu. Dari sisi sistem, program yang baik haruslah memperhatikan aspek-aspek seperti performance, security, maintainability dan lain-lain.

Itulah sebabnya diawal pekerjaan kita, kita perlu membuat coding style standard atau mengikuti standar yang sudah dibuat orang. Kita juga perlu mencari tips/tricks bagaimana menulis program yang baik.

Tidak mudah untuk menemukan PL/SQL coding standard. Masih lebih mudah untuk mencari tips/tricks untuk coding yang baik, yang meperhatikan performance (kecepatan mempereroleh/memanipulasi data) pada database, karena performance untuk data yang besar pada database selalu jadi masalah. Website dibawah ini adalah salah satu dokumen PL/SQL coding standard yang bisa jadi referensi untuk membuat program dengan PL/SQL di Oracle :



No comments:

Followers