Wednesday, November 19, 2008

Evolusi CDMA2000/EV-DO menuju 4G akan mati?

Minggu lalu, diberitakan bahwa Qualcomm, sebuah perusahaan telekomunikasi besar yang mengembangkan teknologi CDMA, menghentikan pengembangan teknologi Ultra Mobile Broadband (UMB) yang mereka lakukan. Ini berarti kemungkinan teknologi CDMA2000 harus mengadopsi LTE atau WiMAX untuk dapat memberikan layanan 4G. Bahkan Qualcomm sudah mulai mensupport pengembangan LTE sejak tahun ini.


Disisi lain operator-operator didunia belum ada yang memeperlihatkan ketertarikan pada UMB. Sebuah operator besar CDMA di Amerika, Verizon Wireless telah mengumumkan bahwa mereka akan menguji coba penggunaan teknologi Long Term Evolution (LTE) dari telnologi EV-DO yang mereka gunakan saat ini. Dan bulan Maret lalu, diberitakan juga bahwa KDDI, sebuah operator telekomunikasi di Jepang yang menggunakan CDMA2000 akan LTE sebagai teknologi 'next-generation mobile broadband'-nya.

Bahkan CDMA Development Group (CDG), sebagai organisasi yang menaungi operator-operator maupun vendor yang menggunakan teknologi CDMA, bulan lalu menyatakan akan mendukung anggotanya yang akan memilih WiMAX atau Long Term Evolution (LTE) sebagai standar 4G.

Jadi bagaimana nasib operator-operator CDMA lainnya?

No comments:

Followers