Monday, November 17, 2008

Smartcard Web Server (SCWS)

Belum lama ini Gemalto dan LG me-launching produk yang mendukung teknologi Smartcard Web Server (SCWS). Apa sebenarnya SCWS itu?

SCWS adalah teknologi HTTP web server yang ditanamkan pada smartcard misalnya kartu SIM, USIM, RUIM dan lain-lain sehingga pengguna dapat melakukan browsing ke konten atau halaman tampilan secara offline dengan menggunakan aplikasi browser. Browsing dapat dilakukan offline karena konten disimpan di dalam smartcard, sedangkan kontennya dapat diupdate secara remote oleh operator. Jadi SCWS mirip on-device portal. Kita hanya perlu membuka browser dan mengetikan URL seperti biasa untuk dapat mengakses SCWS, misalnya http://127.0.0.1:20080/cgi/SSO?account=username&passwd=123

SCWS merupakan teknologi standar yang dikembangkan oleh OMA dan sampai saat ini telah dirilis dua versi yaitu versi 1.0 dan yang paling terakhir adalah versi 1.1.

Arsitektur SCWS diperlihatkan pada gambar berikut:




Beberapa elemen yang terlibat adalah
  • Browser yang diinstall pada divais yaitu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan konten
  • SCWS Gateway yang berapa pada divais yang berfungsi mengubah protokol HTTP/HTTPS (TCP/IP) ke protokol yang digunakan oleh smartcard. Selain itu elemen ini juga berfungsi sebagai pembatas atau pengontrol akses (control policy) terhadap smartcard dengan menggunakan rule yang disimpan di smartcard.
  • SCWS Server yaitu aplikasi di smartcard yang memproses request dari browser.
  • SCWS Administration application yaitu aplikasi yang berada jauh dari devais (remote) untuk mengadministrasi SCWS. Aplikasi ini biasanya berada di operator untuk misalnya meng-update konten yang ada di SCWS.
Cukup sekian ya, untuk lebih jelasnya silakan baca dokumen spesifikasi dari OMA atau lihat slide presentasi ini.

No comments:

Followers