Friday, November 21, 2008

WURFL browser

Menyambung posting sebelumnya tentang kapabilitas perangkat bergerak (mobile device), kali ini saya akan berbicara tentang database perangkat yaitu database yang menyimpan data-data perangkat dan kapabilitasnya.

Pendeteksian jenis perangkat bergerak (ponsel) pada situs WAP atau CDMS biasanya dilakukan dengan cara melihat isi (value) dari parameter yang terdapat pada header HTTP atau WSP request. Parameter tersebut adalah user-agent atau x-wap-profile atau x-wap-profile-diff. Parameter user-agent ada pada spesifikasi HTTP (RFC 2616) dan telah digunakan oleh aplikasi browser komputer. Dua parameter yang terakhir adalah parameter dari standar OMA User Agent Profile (UAProf).

Untuk mengetahui kapabilitas dari perangkat tentu saja kita perlu sebuah device capability repository atau database yang menyimpan deskripsi dan kapabilitas dari sebuah perangkat. Mengelola sebuah device capability repository atau device desctiption repository tidaklah mudah apalagi jika kita menginginkan data kapabilitas yang lengkap. Data kapabilitas bisa banyak sekali misalnya berupa ukuran layar, kemapuan menjalankan aplikasi Java, kemampuan memutarkan file musik dan lain-lain. Sebuah perangkat dengan model yang sama juga dapat memiliki kapabilitas yang berbeda karena biasanya perangkat dengan model sama pun mengalami perbaikan misalnya perbaikan sistem operasinya.

Karena pentingnya data kapabilitas ini maka biasanya produk-produk seperti mobile CMS atau MDSP, MMSC, WAP portal, memiliki komponen device capability repository. Beberapa perusahaan seperti HP juga membuat produk serupa yang khusus menangani device capability repository. Data kapabilitas dari sebuah perangkat bisa didapat dari dokumen XML UAProf atau dengan melakukan riset sendiri.

Selain dari dokumen XML UAProf, data kapabilitas juga bisa diperoleh dari komunitas di Internet. Sebuah proyek yang membuat data kapabilitas perangkat secara independen dan terbuka adalah WURFL. Proyek ini membuat sebuah dokumen XML yang berisi data kapabilitas dari perangkat bergerak. Siapapun dapat menambahkan atau mengedit data tersebut. Beberapa perusahaan besarpun ada yang menggunakan WURFL sebagai basis device repository-nya.

Beberapa proyek open-source lain membuat antar muka pengguna agar kita dapat dengan mudah melihat data kapabilitas dari perangkat yang disimpan dalam dokumen XML WURFL, diantaranya adalah

No comments:

Followers