Wednesday, November 19, 2008

Standar Identity Management (IdM) untuk NGN

Pada era NGN dimana teknologi informasi dan telekomunikasi menjadi konvergen, indentity management (IdM) menjadi sangat penting. Pengguna harus dimudahkan dalam proses authentication dan authorization pada setiap jaringan akses atau layanan operator atau layanan dari organisi mananapun yang bisa diakses dari divas yang terhubung ke jaringan operator. Oleh karena itu ITU-T mulai bekerja untuk membuat standarisasi untuk identity management yang baru untuk memenuhi kebutuhan saat ini maupun masa mendatang. Pekerjaan ini dilakukan oleh Study Group 17, yang selain bekerja untuk membuat riset untuk IdM, juga melakukan riset untuk telecommunication security serta languages and description technique.

Progress dari pekerjaan pembuatan standard ini telah menghasilkan beberapa draft yang berhubungan dengan requirement, framework, capabilities dari Identity Management pada bulan September 2008 lalu. Sayangnya dokumen-dokumen tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna terdaftar yang hanya bisa didapat oleh orang-orang yang bekerja di organisasi atau perusahaan anggota ITU-T. :-(

Saat ini sebenarnya beberapa organisasi atau perusahaan seperti OASIS, Liberty Alliance Project, Microsoft, IBM dan lain-lain telah membuat standar untuk IdM baik pada level konsep atau framework maupun protokol. Jadi kemungkinan ITU-T akan mengadopsi standar yang sudah ada ;-)

No comments:

Followers