Thursday, November 27, 2008

Open Market Handsets untuk CDMA

Seperti kita ketahui, baik di Indonesia maupun di Amerika dimana CDMA banyak digunakan, ponsel (handset) untuk CDMA identik dengan satu operator. Handset yang kita miliki tidak bisa digunakan untuk operator lain karena RUIM card tidak bisa diganti dengan RUIM card dari operator lain. RUIM card adalah istilah untuk SIM card pada CDMA. Cara seperti ini menguntungkan operator karena pengguna akan punya tendensi untuk tetap menggunakan handsetnya karena ia telah mengeluarkan uangnya untuk membeli handset yang harganya lebih mahal dari harga voucher.

Tetapi hal ini merugikan pengguna dan produsen handset. Dengan dorongan dari produsen handset, maka CDG memulai proyek Open Market Handsets (OMH) agar handset CDMA dapat digunakan secara lebih bebas (open) oleh operator manapun dan data dalam handset dapat dipindahkan ke non-volatile memory pada RUIM card. Proyek OHM adalah bagian dari proyek besar CDG yaitu Global Handset Requirements for CDMA (GHRC) yang mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan dan standar agar perangkat CDMA menjadi perangkat yang open-device dan open-application.

OHM telah telah dilakukan dibeberapa negara di Asia termasuk Indonesia. Berita lengkapnya bisa dilihat disini.

1 comment:

Anonymous said...

Saya sangat senang dengan adanya blog Anda yang berisikan materi tentang IT dan Telco yang sedang berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Ini dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat khususnya pecinta teknologi IT dan Telco.
Salut salut salut...
Salam.
:)

Followers