Thursday, November 13, 2008

SCA: Model untuk mengimplementasikan SOA

Service Component Architecture (SCA) adalah satu set spesifikasi yang yang mendeskripsikan sebuah model untuk membangun (development dan delopment) sistem-sistem atau aplikasi-aplikasi dalam sebuah arsitektur service oriented (Service Oriented Architecture/SOA).

SCA dibuat oleh sebuah organisasi terbuka bernama OSOA yang kemungkinan akan diambil oleh OASIS, organisasi yang mengeluarkan banyak standar Web Services. Pada awalnya SCA dibuat oleh IBM dan BEA, lalu diikuti oleh vendor lain hingga akhirnya pada tahun 2006 dibentuklah OSOA.org dan mempublikasikan spesifikasi SCA versi 0.95

Spesifikasi final versi 1.0 pertama kali dirilis tahun 2007. Spesifikasi ini menitik beratkan pada bagaimana sebuah komponen (composite application) dibangun sehingga dapat dengan mudah digunakan kembali (reuse), diekspos fungsinya sehingga dapat digunakan oleh komponen atau aplikasi lain dengan berbagai metode akses, diimplentasikan dengan berbagai bahasa pemrograman, dan bagaimana kita dapat mendefinisikan aturan (policy) interaksi antar komponen.

Secara sederhana, fokus dari spesifikasi SCA adalah

  • Assembly,
  • Client dan Implementasion Model,
  • Policy Framework,
  • Binding.
Lebih jelasnya silakan baca penjelasannya di sini dan download spesifikasinya di sini. Selain itu, artikel tentang pengenalan SCA dari dari David Chappell cukup jelas juga sebagai bahan awal pemahaman SCA.

Mencari infrastruktur open source (gratis) yang mengimplementasikan SCA? Silakan lihat Apache Tuscany

2 comments:

Adinda Setyo Bhaning said...

Assalamualaikum,
Saya sangat beginner untuk SOA dan saya sedang mulai mengerjakan tesis saya untuk SOA ini. How to develop SOA for beginner? bahasa programming apa saja yg harus dikuasai? apa PHP support untuk SOA? Mohon bantuannya. adinda.setyo@gmail.com

Terima kasih
wassalam
keep on sharing good knowledge

Anonymous said...

PERTAMAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAXXXX
hehehehehe .....
Apa ya ??
uhmmm ......
(googling mode ON)

Followers