Tuesday, November 18, 2008

iPhone SDK

Beberapa bulan yang lalu saya melihat demo bagaimana sebuah aplikasi iPhone dapat dibuat dengan mudah dengan menggunakan iPhone SDK dan dijual dengan mudah ke semua pengguna iPhone. Sepertinya Apple, pembuat iPhone mengerti bahwa banyak sekali developer-developer kreatif yang suka membuat software untuk hobi maupun riset dan mempublikasikan software kreasinya itu sebagai aplikasi gratis di Internet. Alih-alih memberikan software gratis, Apple dapat membuat aplikasi itu tidak gratis lagi tapi mungkin dijual murah dan developernya masih bisa mendapatkan uang dengan mudah.

Model bisnis yang dilakukan untuk penjualan aplikasi iPhone ini adalah revenue share, jadi Apple masih dapat terus mendapatkan keuntungan dari penjualan software iPhone hanya dengan menyediakan platform untuk penjualan (store) yaitu tempat pengguna iPhone dapat mendownload aplikasi. Ribuan aplikasi pun saat ini dapat didownload dengan mudah di Application Store.

Apple memang bisa membuat orang jatuh cinta pada produknya, begitu banyak orang saat ini 'fanatik' pada produk Apple. Bahkan sebuah perusahaan penyandang dana KPCB membuat iFund yaitu inisiatif yang mengajak perusahaan yang membuat aplikasi, layanan maupun komponen untuk iPhone dengan menginvestatsikan 100 miliar US dollar. Fokus aplikasi yang akan dibuat adalah location based services, social networking, mCommerce (termasuk advertising dan payments), komunikasi, dan hiburan (entertainment).

iPhone SDK yang dirilis Maret 2008 ini terbukti menarik banyak developer maupun perusahan-perusahaan lain untuk membuat aplikasi iPhone. Diberitakan bahwa sudah lebih dari 100 ribu developer men-download iPhone SDK hingga saat ini.

No comments:

Followers